Monday, May 15, 2017

Instrumen Motivasi Belajar

   A.    Definisi Operasional Motivasi Belajar
Terdapat beberapa definisi tentang motivasi. Definisi motivasi menurut Elliot, et. al (2000: 332) “ Motivation is defined as an internal state that arouses us to action, pushes us in particular directions, and keeps us enganged in certain activitie”. Artinya motivasi merupakan keadaan internal yang membangkitkan kita untuk bertindak, mendorong kita dalam arah tertentu, dan membuat kita terlibat dalam aktivitas tertentu. Menurut Schunk, et. al. (2012: 6) motivasi adalah suatu proses diinisiasikannya dan dipertahankannya aktivitas yang diarahkan pada pencapaian tujuan. Menurut Uno (2011: 1) Motivasi adalah dorongan dasar yang menggerakkan seseorang bertingkah laku. Dengan memperhatikan beberapa devinisi tentang motivasi diatas dapat dismpulkan bahwa motivasi adalah kondisi dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk senantiasa melakukan kegiatan tertentu. Dalam konteks belajar, maka pengertian motivasi belajar dapat diartikan bahwa kondisi dalam diri seseorang tersebut mendorongnya untuk melakukan aktivitas belajar.

   B.     Dimensi
Aspek motivasi belajar memiliki dua dimensi, yaitu dimensi verbal dan non verbal. Dimensi verbal dari motivasi belajar adalah segala sesuatu yang ucapkan siswa yang menunjukkan dia memiliki motivasi dalam belajar. dimensi nonverbal dari motivasi belajar adalah segala sesuatu yang dilakukan siswa selain aktivitas verbal yang menunjukkan dia memiliki motivasi dalam belajar.  Adapun indikator-indikator yang menunjukkan adanya motivasi belajar adalah: 1. Adanya hasrat dan keingingan berhasil, 2. Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, 3. Adanya harapan dan cita-cita masa depan, 4. Tekun menghadapi tugas, 5. Menunjukkan minat terhadap bermacam-macam masalah, 6. Lebih senang bekerja mandiri, 7. Cepat bosan pada tugas-tugas yang rutin, 8. Dapat mempertahankan pendapatnya, 9. Tidak mudah melepaskan hal yang diyakininya, 10. Senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal.

   C.    Rubrik
Instrumen motivasi belajar menggunakan Skala Likert. Dalam skala Likert responden menentukan tingkat persetujuan mereka terhadap suatu pernyataan dengan memilih salah satu dari pilihan yang tersedia. Dalam instrumen motivasi belajar ini pilihan yang tersedia adalah : Sangat Setuju (ST), Setuju (S), Ragu-Ragu (R), Tidak Setuju (TS), dan Sangat Tidak Setuju (STS).

   D.    Instrumen
PETUNJUK PENGISIAN 
1.    Baca pernyataan dibawah ini dengan teliti
2.    Beri tanda silang ( √ ) pada  kolom (ST) untuk Sangat Setuju, (S) untuk Setuju, (R) untuk Ragu-Ragu, (TS) untuk Tidak Setuju, dan (STS) untuk Sangat Tidak Setuju yang paling susuai dengan keadaanmu sesunguhnya.

No
Pernyataan
Tanggapan
ST
S
R
TS
STS
1.
Saya  mengerjakan  tugas  dengan  sungguh -sungguh.





2
Saya menyelesaikan tugas dengan tepat
waktu.





3
Bagi  saya  yang  terpenting  adalah  mengerjakan  soal  atau  tugas  tepat  waktu  tanpa  peduli  dengan  hasil yang akan saya peroleh.





4
Setiap ada tugas saya langsung mengerjakannya.





5
Jika  nilai saya  jelek,  saya  akan  terus  rajin
belajar agar nilai saya menjadi baik.





6
Apabila  saya  menemui  soal  yang  sulit  maka  saya akan  berusaha  untuk mengerjakan  sampai  saya menemukan jawabannya.





7
Saya selalu mendengarkan    penjelasan    guru  dengan baik.





8
Saya   selalu   bertanya   kepada   guru mengenai  materi yang belum saya pahami.





9
Saya  senang  belajar    karena  guru  mengajar
dengan menggunakan berbagai cara





10
Saya  selalu mengerjakan  sendiri  tugas yang  diberikan oleh guru





11
Tugas-tugas latihan pada pembelajaran ini terlalu sulit





12
Pembelajaran ini sangat abstrak sehingga sulit bagi saya untuk tetap mempertahankan perhatian saya.





13
Selagi saya bekerja pada pembelajaran ini, saya percaya bahwa saya dapat mempelajari isinya





14
Saya tidak menyukai pembelajaran ini sehingga saya tidak ingin mengetahui lebih lanjut pokok bahasan ini





15
Isi pembelajaran ini tidak sesuai dengan minat saya





16
Jumlah pengulangan pada pembelajaran ini kadang-kadang membosankan saya





17
Saya benar-benar tidak senang mempelajari pembelajaran ini





18
Saya telah mempelajari sesuatu yang sangat menarik dan tak terduga sebelumnya





19
Setelah mempelajari pembelajaran ini beberapa saat, saya percaya bahwa saya akan berhasil dalam tes





20
Sedikitpun saya tidak memahami materi pembelajaran ini.






1 comment: