A. Definisi Operasional Motivasi Belajar
Terdapat beberapa definisi tentang motivasi. Definisi
motivasi menurut Elliot, et. al (2000: 332) “
Motivation is defined as an internal state that arouses us to action, pushes us
in particular directions, and keeps us enganged in certain activitie”.
Artinya motivasi merupakan keadaan internal yang membangkitkan kita untuk
bertindak, mendorong kita dalam arah tertentu, dan membuat kita terlibat dalam
aktivitas tertentu. Menurut Schunk, et.
al. (2012: 6) motivasi adalah suatu proses diinisiasikannya dan dipertahankannya
aktivitas yang diarahkan pada pencapaian tujuan. Menurut Uno (2011: 1) Motivasi
adalah dorongan dasar yang menggerakkan seseorang bertingkah laku. Dengan
memperhatikan beberapa devinisi tentang motivasi diatas dapat dismpulkan bahwa
motivasi adalah kondisi dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk senantiasa
melakukan kegiatan tertentu. Dalam konteks belajar, maka pengertian motivasi
belajar dapat diartikan bahwa kondisi dalam diri seseorang tersebut
mendorongnya untuk melakukan aktivitas belajar.
B. Dimensi
Aspek
motivasi belajar memiliki dua dimensi, yaitu dimensi verbal dan non verbal.
Dimensi verbal dari motivasi belajar adalah segala sesuatu yang ucapkan siswa
yang menunjukkan dia memiliki motivasi dalam belajar. dimensi nonverbal dari
motivasi belajar adalah segala sesuatu yang dilakukan siswa selain aktivitas
verbal yang menunjukkan dia memiliki motivasi dalam belajar. Adapun indikator-indikator yang menunjukkan
adanya motivasi belajar adalah: 1. Adanya hasrat dan keingingan berhasil, 2. Adanya
dorongan dan kebutuhan dalam belajar, 3. Adanya harapan dan cita-cita masa
depan, 4. Tekun menghadapi tugas, 5. Menunjukkan minat terhadap bermacam-macam
masalah, 6. Lebih senang bekerja mandiri, 7. Cepat bosan pada tugas-tugas yang
rutin, 8. Dapat mempertahankan pendapatnya, 9. Tidak mudah melepaskan hal yang
diyakininya, 10. Senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal.
C. Rubrik
Instrumen
motivasi belajar menggunakan Skala Likert. Dalam skala Likert responden menentukan
tingkat persetujuan mereka terhadap suatu pernyataan dengan memilih salah satu
dari pilihan yang tersedia. Dalam instrumen motivasi belajar ini pilihan yang
tersedia adalah : Sangat Setuju (ST), Setuju (S), Ragu-Ragu (R), Tidak Setuju
(TS), dan Sangat Tidak Setuju (STS).
D. Instrumen
PETUNJUK PENGISIAN
1. Baca
pernyataan dibawah ini dengan teliti
2. Beri
tanda silang ( √ ) pada kolom (ST) untuk Sangat Setuju, (S)
untuk Setuju, (R) untuk Ragu-Ragu, (TS) untuk Tidak Setuju, dan (STS) untuk
Sangat Tidak Setuju yang paling susuai dengan keadaanmu sesunguhnya.
No
|
Pernyataan
|
Tanggapan
|
||||
ST
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
||
1.
|
Saya mengerjakan
tugas dengan sungguh -sungguh.
|
|||||
2
|
Saya
menyelesaikan tugas dengan tepat
waktu.
|
|||||
3
|
Bagi saya
yang terpenting adalah mengerjakan soal
atau tugas tepat
waktu tanpa peduli
dengan hasil yang akan saya
peroleh.
|
|||||
4
|
Setiap
ada tugas saya langsung mengerjakannya.
|
|||||
5
|
Jika nilai saya
jelek, saya akan
terus rajin
belajar
agar nilai saya menjadi baik.
|
|||||
6
|
Apabila saya
menemui soal yang
sulit maka saya akan
berusaha untuk mengerjakan sampai
saya menemukan jawabannya.
|
|||||
7
|
Saya
selalu mendengarkan penjelasan guru dengan baik.
|
|||||
8
|
Saya selalu
bertanya kepada guru mengenai materi yang belum saya pahami.
|
|||||
9
|
Saya senang
belajar karena guru
mengajar
dengan menggunakan berbagai cara
|
|||||
10
|
Saya selalu mengerjakan sendiri
tugas yang diberikan oleh guru
|
|||||
11
|
Tugas-tugas latihan pada
pembelajaran ini terlalu sulit
|
|||||
12
|
Pembelajaran ini sangat abstrak
sehingga sulit bagi saya untuk tetap mempertahankan perhatian saya.
|
|||||
13
|
Selagi saya bekerja pada
pembelajaran ini, saya percaya bahwa saya dapat mempelajari isinya
|
|||||
14
|
Saya tidak menyukai pembelajaran
ini sehingga saya tidak ingin mengetahui lebih lanjut pokok bahasan ini
|
|||||
15
|
Isi pembelajaran ini tidak sesuai
dengan minat saya
|
|||||
16
|
Jumlah pengulangan pada
pembelajaran ini kadang-kadang membosankan saya
|
|||||
17
|
Saya benar-benar tidak senang
mempelajari pembelajaran ini
|
|||||
18
|
Saya telah mempelajari sesuatu
yang sangat menarik dan tak terduga sebelumnya
|
|||||
19
|
Setelah mempelajari pembelajaran
ini beberapa saat, saya percaya bahwa saya akan berhasil dalam tes
|
|||||
20
|
Sedikitpun saya tidak memahami
materi pembelajaran ini.
|
sangat bermanfaat
ReplyDelete